Subscribe:

Ads 468x60px

Sample Text

Kamis, 07 Februari 2013

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERBUKA

Pembelajaran berbasis masalah terbuka adalah pembelajaran yang masalahnya memiliki alternatif ragam strategi penyelesaian namun tertuju dalam satu jawaban atau alternatif ragam strategi penyelesaian  dan ragam jawaban.
1.            Pembelajaran Berbasis Masalah
Menurut Barrows dan Kelson (dalam Permana, 2004 : 18) ‘belajar berbasis masalah merupakan rencana pelajaran dan proses pembelajaran. Rencana pembelajaran terdiri dari pilihan dan bentuk masalah yang diperoleh dari pengetahuan siswa, kemampuan memecahkan masalah, strategi pembelajaran masing-masing siswa, kemampuan berkelompok’. Proses ini mencontoh sistem pendekatan yang biasa digunakan untuk memecahkan masalah atau menemui tantangan yang dihadapi dalam hidup karir. Menurut Permana (2004 : 18) “istilah pembelajaran berbasis masalah sebagai terjemahan dari istilah problem based instruction (PBI), merupakan suatu pembelajaran yang mempunyai perbedaan dengan pembelajaran pada umumnya di lapangan”.
Stephen   dan   Gallagher    (dalam Permana,   2004 : 18)    menyatakan      bahwa pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pengembangan kurikulum dan sistem pengantar yang memperkenalkan kebutuhan untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah sebaik keharusan membantu siswa untuk memperoleh kebutuhan pengetahuan dan kemampuan. Menurut Permana (2004 : 19) pembelajaran berbasis masalah memiliki beberapa karakteristik yang diidentifikasi dan digunakan dalam beberapa pengembangan kurikulum, antara lain :
1)      Ketergantungan pada masalah untuk mengendalikan kurikulum.
2)      Masalah yang kurang terstruktur.
3)      Siswa memecahkan masalah.
4)      Siswa hanya diberi panduan tentang bagaimana mengenali masalah.
5)      Otentik, kinerja berbasis penilaian.

Menurut pendapat tersebut, jelas bahwa pembelajaran berbasis masalah ini sangat baik digunakan dalam kegiatan belajar mengajar siswa.
Permana (2004 : 11) mengemukakan bahwa dalam pembelajaran berbasis masalah menjadi titik tolak pembelajaran untuk memahami konsep, prinsip dan mengembangkan keterampilan matematik. Berbeda dengan pembelajaran pada  umumnya, biasanya masalah disajikan pada akhir pembelajaran setelah memahami konsep, prinsip dan keterampilan matematika.
Kemudian timbul suatu pertanyaan, masalah yang bagaimana yang disajikan dalam pembelajaran berbasis masalah? Masalah yang disajikan merupakan situasi  atau masalah kehidupan sehari-hari (kontekstual),  matematik, yang sebagian besar terdefinisi/tidak terstrukur dengan baik atau terdefinisi dengan baik semuanya.
Menurut Nurhadi (dalam Permana, 2004 : 11) pembelajaran berbasis masalah memiliki ciri-ciri, pengajuan masalah, terintegrasi dengan disiplin ilmu lain, penyelidikan otentik, menghasilkan produk atau karya dan memamerkannya. Adapun mengenai tujuan pembelajaran berbasis masalah, yaitu membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan pemecahan masalah, belajar berbagai peran orang dewasa melalui keterlibatan mereka dalam pengalaman nyata, menjadi pebelajar yang otonom. Jadi pembelajaran ini rancangannya sebagian besar untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa, bukan dirancang khusus membantu guru.
Pembelajaran berbasis masalah biasanya terdiri dari lima tahapan utama yang dimulai dengan guru memperkenalkan siswa kepada suatu situasi masalah. Setelah itu pembelajaran diakhiri dengan penyajian dan analisis hasil kerja. Seperti yang termuat dalam tabel berikut.



Tahapan Pembelajaran Berbasis Masalah
Tahapan
Tingkah Laku Guru
Tahap 1
Orientasi siswa kepada masalah
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, memotivasi siswa agar terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilihnya.
Tahap 2
Mengorganisasikan siswa untuk belajar
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.
Tahap 3
Membimbing penyelidikan individual dan kelompok
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
Tahap 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Guru membantu siswa merencanakan dan menyiapkan karya-karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model serta membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
Tahap 5
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Guru membantu siswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses yang mereka gunakan.
      Sumber : (Permana, 2004 : 14).
Jika ditinjau ulang, hal yang paling utama dalam pembelajaran berbasis masalah ini adalah pemecahan masalah, pemecahan masalah terjemahan dari problem solving.
Berdasarkan teori belajar yang dikemukakan oleh Gagne (dalam Suherman, dkk.., 2001 : 83) bahwa keterampilan intelektual tingkat tinggi dapat dikembangkan melalui pemecahan masalah. Hal ini dapat dipahami sebab pemecahan masalah merupakan tipe belajar paling tinggi dari delapan tipe yang dikemukakan Gagne, yaitu : Signal learning, Stimulus-response learning, chaining, verbal association, discriminating learning, concept learning, rule learning, dan problem solving (Suherman, dkk., 2001: 83).
Fisher (1987:3) mengemukakan problem-solving skills are complementary to the traditional curriculum, they are the skills of succesful living. These skills include general thinking skills, both creative and critical, and spesific strategies such as observing, designing, decision making, team working, brainstorming, implementing an evaluating solutions and so on.
Jika diartikan pendapat Fisher tersebut yaitu keterampilan-keterampilan pemecahan masalah adalah pelengkap kurikulum (pembelajaran) tradisional, yaitu katerampilan-keterampilan kecakapan hidup. Keterampilan itu mencakup keterampilan berpikir umum (pemikiran umum), kedua-duanya kritis dan kreatif, dan strategi spesifik seperti pengamatan, membuat  rencana, mengambil keputusan, kerja kelompok (regu), pengungkapan pendapat,  menerapkan    pengevaluasi    solusi-solusi    dan   lain-lain.  Dalam pemecahan masalah ini banyak sekali keterampilan yang dilakukan.
Apabila  dikaji  secara  mendalam,  pembelajaran  berbasis  masalah  ini  berisi problem solving. Adapun tentang pemecahan masalah (problem solving) Ruseffendi (2006 : 241) berpendapat bahwa pemecahan masalah adalah suatu pendekatan yang bersifat umum yang lebih menekankan kepada proses daripada hasilnya. Gagne (dalam Ruseffendi, 2006 : 169) menyatakan bahwa pemecahan masalah adalah tipe belajar yang paling tinggi karena kompleks daripada tipe belajar sebelumnya. Maksudnya adalah tipe belajar yang klasikal. Pengelompokkan tipe belajar yang dilakukan oleh Gagne adalah tipe belajar isyarat, stimulus respon, rangkaian gerak, rangkaian verbal, memperbedakan, pembentukan konsep, pembentukan aturan dan pemecahan masalah.
Ruseffendi (2006 : 169) berpendapat bahwa ada lima langkah yang harus dilakukan dalam proses pemecahan masalah, yaitu menyajikan masalah dalam bentuk yang lebih jelas, menyatakan masalah dalam bentuk yang lebih operasional, menyusun hipotesis alternatif dan prosedur kerja yang diperkirakan baik, menguji hipotesis dan melakukan kerja untuk memperoleh hasilnya, dan menguji kembali hasil yang telah diperoleh. Jadi penekanan pada pembelajaran dengan pemecahan masalah adalah pada apa yang harus dipecahkan dan bagaimana dapat memecahkan masalah tersebut secara sistematis dan logis.
Dalam pembelajaran berbasis masalah, siswa memahami konsep atau materi dimulai dari belajar dan bekerja pada situasi masalah (tidak terdefinisi dengan baik)   yang   disajikan  pada  awal   pembelajaran,  sehingga  siswa  diberi kebebasan  menggunakan  nalarnya  untuk  berpikir  dan   mangaitkan  topik-topik matematika dalam mencari solusi dari situasi masalah yang diberikan.
Kegiatan  lain  dalam  pembelajaran    berbasis  masalah  yaitu  melibatkan siswa dalam investigasi terhadap situasi masalah sehingga memungkinkan mereka menginterpretasikan dan menjelaskan fenomena dari situasi masalah dan membangun pemahamannya tentang fenomena itu. Semua itu merupakan rasionalitas tentang bagaimana pembelajaran berbasis masalah membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir, untuk berkinerja dalam situasi kehidupan nyata dan belajar pentingnya orang dewasa.
2.            Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka
Pembelajaran berbasis masalah secara mendasar mengubah pandangan proses belajar mengajar dari guru mengajar ke siswa belajar. Dalam pembelajaran berbasis masalah siswa dituntut untuk bekerja secara kooperatif dan menjadi bagian dari kelompok (cooperative learning). Adapun menurut Herman (dalam Permana, 2004: 15) bahwa tipe masalah terbuka (open-ended) dianggap cocok dalam pembelajaran barbasis masalah karena dengan masalah terbuka diterapkan problem solving yang solusinya dengan berbagai cara untuk menyelesaikan dan berbagai variasi jawaban dan/atau memiliki banyak alternatif cara untuk menyelesaikan dan memiliki satu jawaban.


a)            Pendekatan Terbuka (Opend-Ended)
Shimada (dalam Mina, 2006 : 18) menyatakan bahwa pendekatan open-ended adalah pendekatan pembelajaran yang menyajikan suatu permasalahan yang memiliki lebih dari satu jawaban dan/atau metoda penyelesaian. Menurut Shimada pendekatan  ini memberi siswa kesempatan untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman menemukan, mengenali dan memecahkan masalah dengan beberapa cara berbeda.
Adapun menurut Nohda (dalam Mina, 2006 : 18) menuturkan dengan jelas tujuan pembelajaran dengan open-ended ini adalah mendorong kegiatan kreatif dan pemikiran matematik siswa dalam memecahkan masalah matematika secara simultan. Dalam pelaksanaannya siswa diminta untuk memecahkan masalah dengan membiarkan siswa mengembangkan cara berpikirnya dan menggunakan strategi penyelidikan masalah yang meyakinkan baginya. Pendekatan ini memberi keleluasan kepada siswa untuk melakukan elaborasi lebih besar sehingga memungkinkan bertambahnya kemampuan berpikir matematiknya dan meningkatnya kegiatan kreatif untuk setiap siswa.
Jika dilihat dari uraian di atas pendekatan open-ended ini diartikan sebagai pendekatan yang dimulai dengan menyajikan soal tak lengkap, dan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan banyak pendekatan atau cara yang benar dalam memecahkan soal yang diberikan. Jika dilihat dari pendapat–pendapat di atas, maka dapat dikatakan bahwa asumsi pendekatan open-ended ini adalah lebih mengutamakan proses daripada hasil. Siswa dituntut untuk mengembangkan masalah. Pendekatan ini memberi keleluasaan kepada siswa untuk mengemukakan jawaban secara aktif dan kreatif.
Hal seperti yang dikemukakan di atas menjadi keterbukaan dalam open-ended. Adapun menurut Suherman, dkk.(2001 : 114) bahwa kegiatan matematik dan  kegiatan  siswa  disebut  terbuka  jika  memenuhi ketiga aspek yaitu, kegiatan siswa  harus terbuka,  kegiatan matematik  adalah  ragam berpikir,  kegiatan siswa dan kegiatan matematik merupakan satu kesatuan.
Menurut  Shimada  (dalam Mina,  2006 : 19)  ‘soal - soal  open–ended    banyak dikembangkan di Jepang, soal-soal tersebut banyak dipakai dalam pembelajaran matematika dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas’. Soal open-ended didefinisikan sebagai soal yang memiliki beberapa jawaban benar atau memiliki beberapa cara untuk memecahkan masalah dengan benar .
Hancock (dalam Mina, 2006 : 19) mengatakan bahwa soal open-ended adalah soal yang memiliki lebih dari satu cara penyelesaian yang benar, atau/dan mempunyai lebih dari satu jawaban benar dan siswa dapat menjawabnya dengan cara sendiri tanpa harus mengikuti proses pengerjaaan yang sudah ada. Demikian juga menurut Berebson dan Garter (dalam Mina, 2006 : 19) mengidentifikasikan masalah open-ended sebagai tipe masalah yang mempunyai banyak penyelesaian dan banyak cara penyelesaian. Dari pendapat tersebut, yang menjadi ciri utama dari soal open-ended ialah tersedianya kemungkinan banyak jawaban serta keleluasaan bagi siswa untuk memakai sejumlah metoda yang dianggap paling sesuai dalam menyelesaikan soal itu.
Pendapat Mina (2006 : 20) bahwa jenis masalah yang digunakan dalam pembelajaran melalui pendekatan open-ended adalah masalah yang tidak rutin dan bersifat terbuka. Sedangkan dasar keterbukaan (openness) dapat diklasifikasikan menjadi tiga tipe, yakni : process is open, end products are open, dan ways to develop are open (Mina, 2006 : 20). Proses terbuka maksudnya adalah tipe soal yang diberikan mempunyai banyak cara penyelesaian yang benar; hasil akhir yang terbuka maksudnya adalah tipe soal yang diberikan mempunyai jawaban yang banyak (multiple); cara pengembangan lanjutannya terbuka adalah ketika siswa telah selesai menyelesaikan masalah awal mereka dapat menyelesaikan masalah baru dengan mengubah kondisi dari masalah yang pertama (asli). Dengan demikian pendekatan ini selain membuat siswa dapat menyelesaikan masalah tetapi juga dapat mengembangkan masalah baru.
Setelah ditinjau mengenai proses terbuka seperti yang telah dipaparkan di atas, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan  terbuka dapat bermacam-macam dan tidak terduga. Pertanyaaan terbuka menyebabkan yang ditanya untuk membuat hipotesis, perkiraan, mengemukakan pendapat, menilai, menunjukkan perasaannya dan menarik kesimpulan (Ruseffendi, 2006 : 256). Selain itu pertanyaan terbuka dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh wawasan baru dalam pengetahuan mereka sehingga tidak terjadi kemonotan dalam proses berpikirnya. Seperti yang dituturkan oleh  Nohda (dalam Mina, 2006 : 20) bahwa dengan adanya soal tipe terbuka, guru berpeluang untuk membantu siswa dalam memahami dan mengelaborasi ide-ide matematika siswa sejauh dan sedalam mungkin.      
b)     Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif adalah terjemahan dari cooperative learning. Cooperative learning, garis besarnya merupakan kelompok siswa dalam kelas. Adapun menurut Suherman, dkk.(2001 : 218) “cooperative learning mencakupi suatu kelompok kecil siswa yang bekerja sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah masalah, menyelesaikan suatu tugas, atau mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama lainnya”.
Model  pembelajaran  kooperatif  ini banyak dikembangkan oleh para ahli, karena pembelajaran ini menarik dan mudah dibuat variatifnya. Menurut Slavin (2009:8) bahwa dalam pembelajaran kooperatif, para siswa akan duduk bersama dalamkelompok yang beranggotakan empat orang untuk menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Untuk kebutuhan tertentu mungkin anggota kelompok dalam model pembelajaran kooperatif bisa kurang atau lebih dari empat orang.
Menurut Slavin (2009:33) bahwa tujuan pembelajaran kooperatif adalah untuk memberikan para siswa pengetahuan, konsep, kemampuan, dan pemahaman yang mereka butuhkan supaya bisa menjadi anggota masyarakat yang bahagia dan memberikan kontribusi. Jika ditinjau meurut pendapat tersebut, jelas bahwa pembelajaran kooperatif sangat memiliki efek positif untuk siswa ketika mereka berada dalamkalangan masyarakat.



DAFTAR PUSTAKA

Fisher, R. (1987). Problem Solving In Primary Schools. St Mary Cary, Kent: Multiplex Techniques.Ltd. (Printed in great Britain)
Mina, E. (2006). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA Bandung. Tesis pada Pasca Sarjana UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Permana, Y. (2004). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis pada Pasca Sarjana UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Konpetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: PT Tarsito.
Slavin, R.E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Suherman, E., dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI Bandung.
Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

0 komentar:

Posting Komentar