RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Desen pembimbing:
Martina Lona Jusita
Oleh : Eduardus Kopa (2010.D)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
KANJURUHAN MALANG
2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri
02 Bahuga
Kelas / Semester : VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan
sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah
penduduk
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan
dan upaya penanggulanganya.
Indicator : Mendeskripsikan kondisi penduduk indonesia
berdasarkan piramida penduduknya
Alokasi Waktu :
2 X 40 menit (1 kali pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai
kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan
komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin dengan Tekun (diligence) .
2. Mendeskripsikan
susunan penduduk berdasarkan
mata pencarian denngan teliti (carefulness)
3. Mendefinisikan
pengertian piramida penduduk dengan tekun( diligence
)
4. Menyebutkan tiga jenis piramida
penduduk dengan teliti( carefulness)
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. MATERI AJAR
1. Komposisi penduduk
menurut umur dan jenis kelamin
2. Komposisi penduduk
atas dasar mata pencarian
3. Pengertian piramida
penduduk
4. Tiga jenis piramida
penduduk
C. MODEL DAN
METODE PEMBELAJARAN:
1. Metode
pembelajaran
a. Ceramah bervariasi
b Diskusi
c.Tanya jawab
d. Penugasan
2. Model
pembelajaran
Student Facilitator and Explaining
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
a. Pendahuluan (20
menit)
-Apersepsi:
- Mungucapkan salam
- Berdoa sebelum
memulai pelajaran; guru menyuruh
salah satu siswa memimpin doa
- Mengecek kehadiran
siswa
- Guru menyampaikan
kompetensi
dasar dan indicator yang akan di pelajari
- Guru menyampaikan
kompetensi
yang ingin di capai
- Motifasi: Sebutkan tiga jenis
piramida penduduk?
- Melaksanakan prates
b. Kegiatan Inti (40
menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan apa yang di maksud dengan kondisi
penduduk indonesia berdasarkan piramida penduduk (diligence);
F Melibatkan siswa untuk mencari informasi yang luas
sesuai dengan materi yang akan di pelajari;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya; dan
F Melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan
peserta didik membawa dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna.
F Memotivasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru,
baik secara lisan maupun tulisan.
F Salah satu siswa di
suruh menyebutkan piramida penduduk.
F Memberikan kesempatan
siswa atau peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada
peserta lainya baik melalui bagan atau gambar piramida maupun yang lainya.
F Memberikan kesempatan
untuk berfikir,menganalisis,menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa
takut.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
F Guru menyimpulkan ide
atau pendapat dari siswa.
c. Kegiatan Penutup(20 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F Melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran,melaksanakan post test;
F Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. SUMBRE BELAJAR
1. Sumber pembelajaran
a. Buku Platinum
Pembelajaran IPS Terpadu
b. Sutanto
,dkk, 2008 APS, untuk SMP/MTS kelas VIII, BSE Jakarta Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.
Media pembelajaran.
a.LCD
projector
b, Gambar piramida
c,Gambar piramida menurut umur dan jenis kelamin.
F. PENILAIAN
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||
Ü Mendeskripsikkan komposisi
penduduk menurut umur dan jenis kelamin
Ü
Mendesripsikan komposisi penduduk atas dasar mata
pencarian
Ü
Mendeskripsikan pengertian piramida penduduk
Ü
Menyebutkan tiga jenis piramida penduduk
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Ü jelaskan faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan penduduk di indonesia serta gambar piramida
penduduknya menurut umur dan jenis kelamin!
Ü
Jelaskan faktor yang mempengaruhi pertumbuan
penduduk atas mata pencarian!
Ü
Jelaskan pengertian piramida penduduk!
Ü
Gambarkan serta jelaskan tiga jenis piramida penduduk
indonesia!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................
|
24 MEI 2012
Guru Mata pelajaran
( EDUARDUS
KOPA )
NPM : 100401050143
|
0 komentar:
Posting Komentar