Subscribe:

Ads 468x60px

Sample Text

Rabu, 18 November 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)




Desen pembimbing: Martina Lona Jusita




  



Oleh    : Eduardus Kopa  (2010.D)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMP Negeri 02 Bahuga          
Mata Pelajaran         :  IPS-Geografi
Kelas / Semester       :  VIII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.   Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah   penduduk
Kompetensi Dasar    : 1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulanganya.
Indicator                  :  Mendeskripsikan kondisi penduduk indonesia berdasarkan piramida  penduduknya
Alokasi Waktu         : 2 X 40 menit (1 kali pertemuan)


A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin dengan Tekun (diligence) .
2. Mendeskripsikan susunan penduduk  berdasarkan  mata pencarian denngan teliti (carefulness)
3. Mendefinisikan pengertian piramida penduduk dengan tekun( diligence )
4. Menyebutkan tiga jenis piramida penduduk dengan teliti( carefulness)
                      
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. MATERI  AJAR
1. Komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin
2. Komposisi penduduk atas dasar mata pencarian
3. Pengertian piramida penduduk
4. Tiga jenis piramida penduduk

C. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN:
1. Metode pembelajaran
a. Ceramah bervariasi
b Diskusi
c.Tanya jawab
d. Penugasan

2. Model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
a. Pendahuluan (20 menit)
-Apersepsi:
- Mungucapkan salam
- Berdoa sebelum memulai pelajaran; guru menyuruh salah satu siswa memimpin doa
- Mengecek kehadiran siswa
- Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indicator yang akan di pelajari
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin di capai
- Motifasi: Sebutkan tiga jenis piramida penduduk?
- Melaksanakan prates
                                
b. Kegiatan Inti (40 menit)
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan apa yang di maksud dengan kondisi penduduk indonesia berdasarkan piramida penduduk (diligence);
F Melibatkan siswa untuk mencari informasi yang luas sesuai dengan materi yang akan di pelajari;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; dan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

                  
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membawa dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
F Memotivasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru, baik secara lisan maupun tulisan.
F Salah satu siswa di suruh menyebutkan piramida penduduk.
F Memberikan kesempatan siswa atau peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainya baik melalui bagan atau gambar piramida  maupun yang lainya.
F Memberikan kesempatan untuk berfikir,menganalisis,menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
F Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa.
c. Kegiatan Penutup(20 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,melaksanakan post test;
F Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. SUMBRE  BELAJAR
       1.  Sumber pembelajaran
a. Buku Platinum Pembelajaran IPS Terpadu
 b.  Sutanto ,dkk, 2008 APS, untuk SMP/MTS kelas VIII, BSE Jakarta Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.      Media pembelajaran.
a.LCD projector
b, Gambar piramida
c,Gambar piramida menurut umur dan jenis kelamin.
F. PENILAIAN                   
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikkan komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin


Ü  Mendesripsikan komposisi penduduk atas dasar mata pencarian


Ü  Mendeskripsikan pengertian piramida penduduk
 


Ü  Menyebutkan tiga jenis piramida penduduk


Tes tulis





Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis


 Uraian



  

   Uraian

  

   Uraian

    

  Uraian
Ü  jelaskan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di indonesia serta gambar piramida penduduknya menurut umur dan jenis kelamin!

Ü  Jelaskan faktor yang mempengaruhi pertumbuan penduduk atas mata pencarian!

Ü  Jelaskan pengertian piramida penduduk!


Ü  Gambarkan serta jelaskan tiga jenis piramida penduduk indonesia!

                                                                                               

Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................


( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

24 MEI  2012
Guru Mata pelajaran


( EDUARDUS KOPA )
NPM : 100401050143

0 komentar:

Posting Komentar